Apa Mahu Buat Bayi Tersedak Susu

Salah satu penyebab tersedak pada bayi yaitu air susu. Bukan air susunya yang menyebabkan bayi tersedak namun cara memberi asi yang tidak benar sehingga bayi bisa tersedak. Tersedak terjadi bila terdapat benda asing termasuk cairan yang masuk menghalangi dan menghambat saluran pernafasan. tersedak biasanya terjadi pada bayi berusia kurang dari 6 bulan, karena reflex menelan pada bayi usia kurang dari 6 bulan masih belum sempurna. Reaksi awal pada bayi yang tersedak adalah batuk-batuk dan muntah dan yang paling berbahaya bila cairan keluar melalui hidung, karena bayi akan tersedak terus-menerus.

Penyebab bayi tersedakcara menyusui yang benar agar bayi tidak tersedak

  • Salah posisi saat menyusui bayi. Banyak para ibu menyusui bayi sambil tiduran, nah hal ini lah yang tidak benar dilakukan oleh kaum ibu saat memberi asi pada bayi. Posisi yang bagus yaitu bayi dalam posisi tegak atau setengah duduk (450), caranya ibu dalam posisi duduk dan bayi digendong sehingga posisi bayi dibuat agak tinggi, bisa memakai bantal di bawak kepala bayi.
  • Bayi tidak disendawakan setelah menetek. Seringkali kaum ibu mengenggap sepele mengenai sendawa ini, padahal pada bayi sendawa sangat penting untuk membantu air susu cepat turun ke lambung. Walaupun bayi tidak langsung sendawa sebaiknya bila setelah menyusui, tubuh bayi ditegakkan menghadap bahu ibu, lalu tepukkan punggung bayi dengan lembut.
  • Produksi ASI yang berlebih. Bila anda merasa produksi ASI banyak, sebelum menyusui ada baiknya menampung atau membuang sebagian asi supaya tidak terlalu banyak saat bayi mulai menetek.
  • Terlalu sering member ASI. Biasakan memberi ASI 2 jam sekali, supaya ASI sebelumnya diserap dulu oleh tubuh, bila terlalu sering bayi akan kekenyangan dan beresiko terjadi muntah.

Bila bayi tersedak apa yang harus dilakukan?

pertolongan pertama pada bayi yang tersedakPertolongan pertama pada bayi yang tersedak:

  • Letakan bayi dalam posisi telungkup di lengan dengan kepala bayi lebih rendah
  • Sangga bagian dada bayi oleh tangan dan tepuk punggung bayi secara perlahan.

Bila anda merasa cemas, segera bawa bayi ke dokter, karena bayi yang sering tersedak dan tanpa perhatian khusus dapat menyebabkan sakit serius yang berhubungan dengan paru-paru, telinga dan hidung. Gangguan ini timbul setelah beberapa hari bayi tersedak, biasanya diawali dengan batuk-batuk, badan bayi mulai panas, sesak napas dan napas bayi berbunyi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s